Latest News

Apakah Nyeri Saat Haid itu Normal


nyeri haid yang berlebihan
Tanya:
Dok, saya Winda, usia saya 20 tahun. saya mau tanya dok, Kenapa akhir-akhir ini saya sering ketika HAID terasa sangat nyeri. rasanya maupingsan aja dok saking nyerinya. Apakah ini normal,,,??? klo tidak bagaimana solusinya????

Jawab:
Baik mbak winda yang baik hati, memang banyak wanita usia subur yang secara rutin mengalami nyeri menstruasi. Nyeri yang terkait dengan kram itu berlangsung di hari-hari menjelang atau awal menstruasi. Nyeri terasa diperut bagian bawah atau tengah dan mungkin memancar hingga ke pinggul, paha, dan punggung. Intensitas nyeri naik dan turun berulang-ulang, mengikuti kontraksi otot rahim yang mendasarinya. Tingkat keparahan nyeri bervariasi antar-wanita dan antar-haid pada wanita yang sama. Pada suatu saat, nyeri mungkin hampir tidak terasa. Di saat lain, nyeri bisa sangat hebat disertai kejang, lemas, demam, pusing dan berbagai gangguan lambung seperti mual, muntah, dan diare.

Klo ditanya apakah Normal atau tidak,,,,,

Nyeri menstruasi atau dalam bahasa medisnya disebut dismenore pada umumnya adalah hal normal. Zat yang disebut prostaglandin adalah penyebab utamanya. Zat ini diproduksi oleh tubuh dan ditemukan dalam lapisan rahim. Ketika proses menstruasi dimulai, zat ini merangsang kontraksi untuk melepaskan lapisan rahim, sehingga menyebabkan kram. Zat ini juga menyebabkan vasodilatasi sistem peredaran darah. Pembuluh arteri dan vena mengembang, sehingga darah haid lebih mudah dikeluarkan. Namun, hal ini juga dapat menyebabkan tekanan darah menurun sehingga tubuh akan terasa lemas dan kepala pusing.

Pada beberapa wanita, prostaglandin juga memicu kontraksi dan spasme otot polos di saluran gastro-intestinal, sehingga menimbulkan mual, muntah dan diare. Selain itu, aliran darah haid juga dapat ikut memperburuk rasa nyeri. Gumpalan darah atau aliran darah menstruasi yang deras harus melalui bukaan sempit leher rahim. Peregangan leher rahim oleh aliran tersebut dapat menyebabkan rasa sakit. Itulah mengapa nyeri haid berkurang atau menghilang pada beberapa wanita setelah melahirkan bayi pertama mereka. Bukaan serviks mereka telah melebar.

Kami ada solusi untuk mengurangi rasa sakit saat nyeri haid, silahkan mbak winda menggunakan herbal kami Natural Crystal X setelah haid atau bisa 2 minggu sebelum tanggal jatuh haid. Insya Allah nyeri saat haid akan berkurang bahkan hilang.

=================================================
Kami sedia herbal mengatasi kputihan, kista, kanker, dan promil, bikin rapet dan smpit...

Konsultasi gratis deh sis....hingga keluhan sista tuntas, tanpa masalah lagi

sms aja/ telpon ke 0878 2322 6768, pin BB silakan request via SMS ya sis...

Terimakasih untuk Sahabat cantik yang telah membaca artikel Kami yang berjudul "Apakah Nyeri Saat Haid itu Normal", semoga Bermanfaat.